Pertarungan Jokowi vs JK Semakin Keras Pasca Pilkada DKI dan Jelang Reshuffle! Ini Dia Alasannya






Pasca Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, pertarungan politik antara Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan semakin keras. Terlebih lagi ada sinyal Jokowi yang akan melakukan reshuffle kabinet.

Analisis itu disampaikan pengamat politik dan media Hersubeno Arief (27/04). "Bila Jokowi ingin menghukum JK, maka bisa mengganti ‘The JK boys’ di kabinet. Tapi ini bukan soal mudah. Dalam dua kali reshuffle, tarik menarik kepentingan Jokowi-JK sangat keras," kata Hersubeno.

Menurut Hersubeno, peta pertarungan menjadi tambah seru dan menarik ketika Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie tampak terlihat semakin mesra dengan Prabowo Subianto dan Presiden PKS M. Sohibul Iman, terutama terkait Pilkada DKI. Aburizal bersama Prabowo dan mantan Presiden PKS Anis Matta adalah tulang punggung Koalisi Merah Putih (KMP).

"Namun setelah Golkar pecah, atau tepatnya dipecah dan kemudian berhasil diakuisisi oleh Jokowi dengan menempatkan Setya Novanto sebagai ketua umum, secara halus Ical perlahan-lahan disingkirkan. Saat Golkar menyatakan dukungan kepada Ahok, Ical menyuarakan ketidaksetujuannya," beber Hersubeno.

Hersubeno menilai, harga yang harus dibayar oleh Ical dengan mendukung pasangan Anies-Sandi sangat mahal. Kabarnya proyek migas keluarga Bakrie bernilai miliaran dolar dibatalkan pemerintah, gara-gara pilihan politiknya. Termasuk menghilangya acara talkshow Indonesia Lawyer Club (ILC) di TV One untuk sementara waktu.

"ILC yang diasuh Karni Ilyas adalah acara talkshow yang sangat populer, dengan jumlah penonton terbanyak. ILC selalu merajai rating dan share program sejenis. Dengan durasi terpanjang ILC juga menghasilkan iklan sangat besar," jelas Hersubeno.

Bagi Ical, kata Hersubeno, berhadapan dengan rezim penguasa bukan hal yang baru. Semasa Orde Baru dan posisi Presiden Soeharto masih sangat kuat, Ical berani melawan. Pada tahun 1994 berlangsung kongres Kadin Indonesia. Pada saat itu Soeharto menginginkan posisi ketua umum dijabat Probosoetedjo, adik tirinya.

Pada masa itu keinginan Soeharto adalah sebuah titah yang harus terlaksana. Tapi Ical melawan dan posisi Ketum Kadin Indonesia berhasil direbutnya. "Sebagai petarung, fighter berpengalaman, Ical punya nyali yang luar biasa. Soeharto saja dia lawan, apalagi yang lain," jelas Hersubeno.

Dukungan Ical terhadap Anies-Sandi menjadi benderang ketika 15 orang mantan ketum HIPMI mendeklarasikan dukungan kepada Sandi (4/4) di Senayan Golf Club, Jakarta. Selain Ical, tercatat ada Abdul Latief, Ketua Umum HIPMI pertama dan Sutrisno Bachir.

"Nama terakhir Sutrisno Bachir (SB) juga cukup menarik. Dia adalah Ketua MPP PAN dan jabatannya di Pemerintahan Jokowi sebagai Ketua Komisi Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Pada Pilpres lalu SB berada di kubu yang berseberangan dengan Ical dan Prabowo. SB menjadi tim sukses Jokowi," jelas Hersubeno.

Karena Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) lah, kata Hersubeno, SB kemudian bersimpang jalan. Ibarat orang yang tengah salat berjamaah, SB mufaraqah alias memisahkan diri dan tidak lagi bermakmum kepada Jokowi. "Peta perkubuan dalam politik Indonesia memang sangat dinamis. Hari ini menjadi kawan, besok bisa menjadi lawan. Tergantung kepentingan," pungkasnya Hersubeno.



Sumber: intelijen

COMMENTS

Name

Agama,6,Akhir Zaman,10,Dakwah,3,Entertaiment,4,Erdogan,1,Fenomena,6,habib riziq,2,Hikmah,7,Indonesia,962,Inspirasi,7,International,64,Islami,2,Kesehatan,6,kisah,2,Kota,2,Lebaran,7,Media,29,Mualaf,2,MUI,1,Muslimah,3,Nasehat,7,Pakistan,2,Pendidikan,4,Pilgub,1,Politik,8,Sedekah,1,Sejarah,4,tech,1,Tionghoa,1,Tranding,1,Uang,1,Ulama,3,Unik,3,viral,1,zakir naik,7,
ltr
item
SILAKAN SHARE: Pertarungan Jokowi vs JK Semakin Keras Pasca Pilkada DKI dan Jelang Reshuffle! Ini Dia Alasannya
Pertarungan Jokowi vs JK Semakin Keras Pasca Pilkada DKI dan Jelang Reshuffle! Ini Dia Alasannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKrikzBj1JPCK6h5AOPjKQsup0nRbwlJi3jOZiMHS_NrmrNvws-LD0cbR7-H89Im6s8DKmtMxQg4G31GDhBXARGf4dUxyFCZ3LlfCtXrXdpoO6uKdJRlHxULBmy7-8Jhx_YKK1xmVooSw/s640/Screen+Shot+2017-04-29+at+14.56.38.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKrikzBj1JPCK6h5AOPjKQsup0nRbwlJi3jOZiMHS_NrmrNvws-LD0cbR7-H89Im6s8DKmtMxQg4G31GDhBXARGf4dUxyFCZ3LlfCtXrXdpoO6uKdJRlHxULBmy7-8Jhx_YKK1xmVooSw/s72-c/Screen+Shot+2017-04-29+at+14.56.38.png
SILAKAN SHARE
https://silahkan-shareee.blogspot.com/2017/04/pertarungan-jokowi-vs-jk-semakin-keras.html
https://silahkan-shareee.blogspot.com/
https://silahkan-shareee.blogspot.com/
https://silahkan-shareee.blogspot.com/2017/04/pertarungan-jokowi-vs-jk-semakin-keras.html
true
2344850147674009591
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy