Soal TKA China, Pengamat HTN: Ini Berbahaya untuk Kedaulatan Negara




Sikap berbeda yang dipertontonkan pemerintah terkait dengan data tenaga kerja asing (TKA) Illegal asal Cina yang masuk ke Indonesia terus menjadi perhatian dan kekhawatiran setiap elemen masyarakat.


Pakar Hukum Tata Negara (HTN) dari Universitas Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, Asep Warlan Yusuf berpendapat bahwa sebagai lembaga pengawas, DPR RI tidak bisa kemudian hanya berpangku tangan tanpa adanya tindakan kongkrit mengenai persoalan tersebut.


“Ini baik presiden, menakertrans dan juga dirjen imigrasi kemenkumham maupun data-data dari daerah-daerah memberikan informasi yang berbeda soal TKA Cina, karena ini berbahaya untuk kedaulatan negara,” kata Asep Warlan, saat dihubungi, di Jakarta, Senin (26/12).


“Saat ini untuk mendapatkan data yang sebenar-benarnya maka rakyat melalui wakilnya bisa menyelidiki sendiri hal itu dengan penggunaan hak angket,” tambahnya.


Kalau DPR juga membiarkan persoalan yang membuat rakyat khawatir, sambung Asep Warlan, maka DPR harus ikut bertanggungjawab atas apa yang terjadi saat ini dan tidak perlu lagi ada DPR, karena hanya menjadi corong atau tukang stempel pemerintah dan bukan mewakili rakyat.

“Kalau interpelasi itu hak bertanya dan biasanya kalau menyangkut kebijakan saja.Tapi banyaknya TKA asal Cina itu pelanggaran hukum dan oleh karena itu tidak cukup dengan interpelasi tapi harus diusut melalui angket. DPR memiliki kewenangan menyelidiki jika memang informasi dari pemerintah meragukan dan tidak logis,” ujar dia.


Masih dikatakan dia, persoalan TKA Cina adalah persoalan serius karena, menurutnya yang dikatakan legal saja diyakininya belum tentu memenuhi unsur legalitas dari UU Tenaga Kerja.


Belum lagi juga ditambah persoalan adanya tuduhan dari Laode Ida dari Ombudsman yang menegaskan bahwa banyaknya TKA ilegal di berbagai daerah tidak lepas dari adanya perlindungan atau backing dari aparat.


“Ini banyak sekali yang ilegal dan yang legal pun unsur legalitasnya juga saya ragukan karena belum tentu saat ini yang mendapatkan izin kerja itu adalah benar-benar memenuhi persyaratan yang termuat dalam UU seperti soal bahwa yang dapat izin adalah tenaga kerja terampil atau skill labor dan bukan tenaga kerja kasar atau unskill labor, harus ada alih teknologi.Belum lagi persoalan ideologi, keamanan dan sebagainya,” pungkasnya. [akt]

COMMENTS

Name

Agama,6,Akhir Zaman,10,Dakwah,3,Entertaiment,4,Erdogan,1,Fenomena,6,habib riziq,2,Hikmah,7,Indonesia,962,Inspirasi,7,International,64,Islami,2,Kesehatan,6,kisah,2,Kota,2,Lebaran,7,Media,29,Mualaf,2,MUI,1,Muslimah,3,Nasehat,7,Pakistan,2,Pendidikan,4,Pilgub,1,Politik,8,Sedekah,1,Sejarah,4,tech,1,Tionghoa,1,Tranding,1,Uang,1,Ulama,3,Unik,3,viral,1,zakir naik,7,
ltr
item
SILAKAN SHARE: Soal TKA China, Pengamat HTN: Ini Berbahaya untuk Kedaulatan Negara
Soal TKA China, Pengamat HTN: Ini Berbahaya untuk Kedaulatan Negara
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjo6dPeFpcfmuSdz717ev1v0lsg3qOxCvSk94fVpHwXXwtDqu4yDn8C3jFV4R_xKdjc2tOwZylHK3H-UDd6h_5-RRrXXU20ihUEYVxTBrmIjXPYWzrXPR7gYchLX6yWzaU-ppgDI9TfvjU/s640/asep+warlan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjo6dPeFpcfmuSdz717ev1v0lsg3qOxCvSk94fVpHwXXwtDqu4yDn8C3jFV4R_xKdjc2tOwZylHK3H-UDd6h_5-RRrXXU20ihUEYVxTBrmIjXPYWzrXPR7gYchLX6yWzaU-ppgDI9TfvjU/s72-c/asep+warlan.jpg
SILAKAN SHARE
https://silahkan-shareee.blogspot.com/2016/12/soal-tka-china-pengamat-htn-ini.html
https://silahkan-shareee.blogspot.com/
https://silahkan-shareee.blogspot.com/
https://silahkan-shareee.blogspot.com/2016/12/soal-tka-china-pengamat-htn-ini.html
true
2344850147674009591
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy